Kembar Tiga

by astridirma

4as

Bukan, saya nggak kembar, apalagi tiga

.
Tiba-tiba iseng saya kumat, padahal sebelumnya saya nggak terlalu hobi ngutak-atik foto. Photoshop CS 3 di leptop aja cuma portable (alasan sebenarnya adalah saya nggak berhasil nge-crack berkali-kali). Butuh beberapa jam, sambil mendengarkan tv sampai tengah malam hingga akhirnya gubahan ini selesai. Lebay.
Setelah saya posting di fesbuk barengan sama foto lain yang setting dan acaranya sama, beberapa orang malah tertarik buat tanya bagaimana cara bikinnya.
Tanpa bermaksud bikin tutorial, saya jadi pengen berbagi jalannya foto ini terkloning. ‘Cara bodon’ kalau orang jawa bilang. Kalaupun nanti ada jalan yang lebih cepat dengan hasil yang lebih rapi, mungkin bisa belajar langsung dengan yang lebih expert.

.
Pertama ini adalah foto asli yang memang jumlahnya tiga

123

Saya pilih foto kedua untuk dijadikan background layer. Alasanya.. em…. Nggak ada, saya cuma acak :D

Lalu saya mulai bermain dengan foto pertama, agar backgroungnya tidak tabrakan, maka dengan select tool saya hapus begitu saja. Sekedar tips, pilih warna yang tidak ada dalam foto, kalu perlu yang mencolok agar tidak tercampur saat menggunakan magic tool.

111

Potongan foto pertama kemudian saya letakkan di sisi kiri foto kedua. Agar tidak distorsi dan terlihat nyambung, saya putar sedikit menyesuaikan dengan railing balkon foto kedua. Semua cara sah.

116

Langkah selanjutnya pun sama, melakukan perlakuan yang sama pada foto ketiga. Namun, sebelumnya saya flip horizontal foto tersebut, masih tetap agar railing balkon nyambung dengan foto kedua.

115

Selesai.  Saya jadi kembar tiga :)
.

.
Tapi itu belum rapi, sekilas melihat pasti merasa aneh dengan railing balkon yang saling tabrakan.

117

Langkah selanjutnya menduplikat background layer, lalu potong bagian sisi kiri balkon dan tempel saja diatas kaki. Begitu juga dengan sisi kanan.

118

Selanjutnya seleksi satu persatu celah atau bolongan railing balkon dan hapus hingga layer di belakangnya (kaki di foto pertama dan ketiga) terlihat.

119

Terakhir, rapikan sisa railing balkon yang masih terlihat nabrak dengan clone-stamp

120

Selesai sodara-sodara. Nggak susah, cuma harus telaten saja.. kebetulan saya orang yang telaten dan sabar *kedipkedip.
Tertarik buat mencoba? Monggo.. :)

Advertisements