catatan pinggir meja

Category: movie

Homecoming: ‘Welcome Home, Spidey!’

I always excited for every single superhero movie, especially for MCU. It connects all stand-alone movie and also the TV series. It feels so nice, once again, to be able to say, “Welcome home, Spidey!” Though the last sequel of Amazing Spider Man should continue its stories, but at least after Civil War, we knew that this Tom Holland kid was promising.

Movie was started with original fun version Spider Man soundtrack. It told us that it might not be dark movie (all of Marvel movie never go dark, anyway) Then it displayed new opening of Marvel studio containing all movie they had, including Doctor Strange and Guardian Galaxy as well. But I’d rather love the old one. For seconds I guessed how the plot began.  I didn’t watch any trailer of any movie, because it was more enjoyable to know nothing.

After this line, better you stop reading if you haven’t seen the movie yet. I will split out all the story.

Thankfully, movie started without numerous story of bitten by genetically modified spider. You may not know why Thor fought with Loki or why Hulk’s pants could stretch nicely, but you don’t need story why Peter Parker could jump over buildings. Don’t you? Also no more death of Uncle Ben. The mixed feeling of losing and guilty was so terrible. But if Aunt May was that hottie, we will be curious who would play Uncle Ben. Don’t say it’s Tom Hardy. Uwuwuwu.. 

‘A film by Peter Parker’ was incredibly so real. Who doesn’t want to record a meeting with Avengers anyway. It was a fresh opening for entertaining factor. The first motivational quotes here was by Mr Stark. Because Tony Stark is Tony Stark, he said to Peter, “Don’t do anything I would do and definitely don’t do anything I wouldn’t do” He told Peter to found grey area in there. This was like replacing the famous Spider Man quotes ever: With great power comes great responsibility. I mean it’s okay since Peter is 15 years old, because for teenager instead of being wise, he might be burdened. Haha xD

You won’t see a lovey dovey story. Homecoming was very much a high school movie. Driving license problem, nerd best friend, beautiful crush and prom night.

Spider-ManHomecomingPEClass-768x322 (1)

Typical American High School (source: aminoapps.com)

After short trip with Avengers in Berlin, Peter came back to Queens struggling with his high school problems while doing ‘Stark Internship’. A sloppy Spider Kid with his nicely – stretch – Spider Man – suit trying to impress Tony Stark more. Civil War didn’t make him part of the band. Not yet.

whateveraspidercan1

People in studio was like laughing and after He pressed the button, “whooaa..” (source:fansided.com)

Michael Keaton may really love to become another bird things. Instead of accidentally monster created by chemicals experiments, here they are, brilliant scavenger with his cool winged-jet-pack. The villain was not creating new world order by mass lethal weapon, but just for ordinary family-care disorder.

whateveraspidercan

The Vulture (source: fansided.com)

If you saw just one villain, you might be wrong. The other one was Peter himself. When he’s nothing without his spider suit, then he doesn’t deserve it. Even though we knew how it end. Honestly, Andrew Garfield’s suit is still the coolest one by its color, but….. nothing beats the super awesome flying squirrel – talking suit with hundreds of web combination. It even have flying drone robots like Falcon’s red wings. The Iron Spider is coming soon. How about Peter’s natural spider sense, anyway?

aminoapps

I-just-can’t-skip-this (source: aminoapps.com)

Have you found so many Asian guy here? The Indian wedding, the freak toilet guy, the Joe Taslim – like headmaster xD. Instead of a board-shoulder guy, Flash Thompson is just another nerd, but meaner and wealthier. Then.. who was Zendaya playing? MJ ice-cool version? Geez.. or may be the Cast Director wanted to make characters literally memorable. We all agree for Aunt May.

Lots of comedy. Still, stand-alone Spider Man movie, not bothering too much with Iron-Man. Tony here is like surrogate father for Peter. He’s the one who believe a teenager could become Avengers. Later all will say the same. Can’t wait for The Infinity War. Will it start with Stark wedding? No?

Not so many hints of the next MCU movie, but we can assume that Tony and Steve are fine. Cap’s new shield? Will it be hundreds swing combination? Another Jarvis built in? xD We’ll see..

The movie was clean slate, light, yet thrilling enough. I remembered the ship scene as thrill as train scene in Amazing Spider Man. The comedy was witty and warmhearted. Peter was really The Friendly Neighborhood Spider Man by swung in literal neighborhood. There was not much to dislike here. Tom Holland amazingly swings his role. He may be the most perfectly portrayal for Spider Man. Though it is not the best Spider Man reboot, still I can’t hate any of Marvel movie. I-Just-Can’t. I’ll watch it over and over again.

And don’t say you are Marvel fan, if you leave studio before the credits end.

Advertisements

Watchlist

Pagi ini setelah buka kulkas dan mendapati isinya yang nggak berubah sejak semalam, saya kepikiran untuk nulis list film apa aja yang sudah diliat. Cuma biar blog ini terlihat apdet tiap beberapa harinya. Terima kasih kulkas. Sekali lagi benda ini membuktikan slogan terkenal when in doubt, open the fridge.

Kalimat di atas ditulis sebagai preambule atas apa yang akan dibaca setelah ini demi mengurangi probabilitas makbedunduk yang bahkan susah untuk disubstitusikan dengan satu kata lain dalam bahasa Indonesia. Bahwa ada deretan angka setelah judul hanya akan mengingatkan pada soal ujian essay atau daftar belanjaan.

Seperti yang sudah sudah, saya cuma nonton film di dua ketika, yaitu ketika saya nggak sibuk dan pinter pinternya saya cari waktu ketika sibuk. Hal ini masih merupakan media alternatif favorit sebagai pelarian diri yang kemudian disusul oleh tidur dan mimpi indah. Sebut saja Watchlist, Yang Dicoret Dari Sana. 

2015

Januari

  1. Night at The Museum: Secret of The Tombs (2014)
  2. The Hobbit: The Battle of The Five Armies (2014)
  3. Penguins of Madagascar (2014)
  4. Marmut Merah Jambu (2014)
  5. Gone Girl (2014)
  6. Predestination (2014)
  7. Stand By Me, Doraemon (2014)
  8. PK (2014)
  9. Big Hero 6 (2014)
  10. The Imitation Game (2014)
  11. A Walk Among The Tombstones (2014)
  12. Moon (2009)
  13. Blackhat (2015)
  14. I, Origins (2014)
  15. Zodiac (2007)
  16. Boyhood (2014)
  17. Comic 8 (2014)
  18. John Wick (2014)
  19. Fight Club (1999)
  20. Battle Ship (2012)
  21. Looper (2012)
  22. Pompeii (2014)
  23. Into The Woods (2014)

Februari

  1. Vice (2015)
  2. Nightcrawler (2014)
  3. Tak3n (2014)
  4. Horns (2014)
  5. 22 Jump Street (2014)
  6. Noah (2014)
  7. Jupiter Ascending (2015)
  8. Justice League: The Flashpoint Paradox (2013)
  9. The Grand Budapest Hotel (2014)
  10. Dragonheart 3: The Sorcerers Curse (2015)

Maret

  1. Hercules Reborn (2014)
  2. Love, Rosie (2014)
  3. Fifty Shades of Grey (2015)
  4. Charlie St. Cloud (2010)
  5. Up In The Air (2009)
  6. Exodus: Gods And Kings (2014)
  7. Whiplash (2014)
  8. Interstellar (2014)
  9. The Theory of Everything (2014)
  10. I, Robot (2004)
  11. The Thieves (2012)

April

  1. Seventh Son (2014)
  2. The Mist (2007)
  3. Paddington (2014)
  4. Justice League: The Throne of Atlantis (2015)
  5. Justice League: War (2014)
  6. Batman vs Robin (2015)
  7. The Woman In Black 2: Angel of Death (2014)
  8. The Voices (2014)
  9. My PS Partner (2012)
  10. Confession (2014)
  11. Justice League: Trapped In Time (2014)
  12. Son of Batman (2014)
  13. The Avengers: Age of Ultron (2015)

Mei

  1. What If (2013)
  2. Beauty and The Beast (2014)
  3. Windstruck (2004)
  4. Brick Mansion (2014)
  5. Mad Max: Fury Road (2015)
  6. The Book of Life (2014)
  7. Fast and Furious 7 (2015)
  8. RoboCop (2014)
  9. Project Almanac (2014)

Juni

  1. Chappie (2015)
  2. Home (2015)
  3. Kingsman: The Secret Service (2014)
  4. Time Lapse (2014)
  5. Jurrasic World (2015)
  6. Daredevil (2003)
  7. Madre (2013)
  8. The Butterfly Effect 2 (2006)
  9. The Butterfly Effect 3: Revelation (2009)
  10. Cinderella (2015)
  11. Frequencies (2013)
  12. Hours (2013)
  13. Run All Night (2015)
  14. Saint Seiya: Legend of Sanctuary (2014)
  15. The Spongebob Movie: Spong Out of Water (2015)
  16. Minions (2015)

Juli

  1. Ant-Man (2015)
  2. Insurgent (2015)
  3. The Italian Jobs (2003)
  4. The Two Faces of January (2014)

Agustus

  1. Oz The Great and Powerful (2013)
  2. Descendants (2015)
  3. Transcendence (2014)

September

  1. Fantastic Four (2015)
  2. Tomorrowland (2015)
  3. Inside Out (2015)

Oktober

  1. Paper Towns (2015)
  2. Pixel (2015)
  3. The Billionaire (2011)
  4. Knock Knock (2015)
  5. Me and Earl and The Dying Girl (2015)
  6. The Curious Case of Benjamin Button (2008)
  7. The Girl With The Dragon Tattoo (2011)
  8. Mr. Holmes (2015)
  9. Asterix: The Mansion of the Gods (2014)
  10. Robot Overlords (2014)

November

  1. Colombiana (2011)
  2. Maze Runner: Scorch Trial (2015)
  3. Mission Impossible: Rogue Nation (2015)
  4. Lupin III (2014)
  5. Hitman Agent 47 (2015)
  6. The Transporter Refueled (2015)
  7. The Little Prince (2015)

Desember

  1. Hotel Transylvania 2 (2015)
  2. Star Wars Episode IV: A New Hope (1977)
  3. Star Wars Episode VII: The Force Awakens (2015)

2016

Januari

  1. Pan (2015)
  2. Goosebumps (2015)
  3. The Martian (2015)
  4. The Walk (2015)
  5. Spectre (2015)
  6. Batman: Bad Blood (2016)
  7. Teacher’s Diary (2014)
  8. The Art of Steal (2013)

Februari

  1. Deadpool (2016)
  2. Selfless (2015)
  3. In The Heart of The Sea (2015)
  4. Victor Frankenstein (2015)

Maret

  1. The Revenant (2015)
  2. Everest (2015)
  3. The Survivalist (2015)
  4. Daddy’s Home (2015)
  5. Pay The Ghost (2015)
  6. Pride and Prejudice and Zombies (2015)
  7. 5th Wave (2015)

April

  1. Ada Apa dengan Cinta 2 (2016)

Mei

  1. Captain America: Civil War (2016)
  2. X-Men: Apocalypse (2016)
  3. Gods of Egypt (2016)
  4. The Huntsman: Winter’s War (2016)
  5. Warcraft: The Beginning (2016)

Juni

  1. Escape Plan (2013)
  2. London Has Fallen (2016)
  3. Allegiant Part 1 (2016)
  4. The Angry Bird Movie (2016)

Juli

  1. Rudy Habibie (Habibie dan Ainun 2) (2016)

Agustus

  1. Suicide Squad (2016)
  2. The Jungle Book (2016)
  3. Now You See Me 2 (2016)

September

  1. Teenage Mutant Ninja Turtles 2: Out of The Shadows (2016)
  2. Warkop DKI Reborn (2016)

Oktober

  1. Alice Trough The Looking Glass (2016)
  2. Finding Dory (2016)
  3. Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016)
  4. Underwold – Blood War (2016)

November

  1. Inferno (2016)

Desember

  1. Langit Terbelah di Benua Amerika 2 (2016)
  2. Snowden (2016)
  3. Train to Busan (2016)

2017

Januari

  1. My Annoying Brother (2016)
  2. Ben-Hur (2016)
  3. May Who (2015)
  4. Miss Peregine’s Home for Peculiar Children (2016)
  5. The Passenger (2016)
  6. One Way Trip (2016)
  7. The Girl with All The Gifts (2016)
  8. Jack Reacher Never Go Back (2016)
  9. Who Am I (2014)
  10. Resident Evil – Final Chapter (2017)

 

 

 

 

Kekampretan The Cabin In The Woods

Oke, ini kesekian kalinya saya sok sok an nonton horror di bioskop. Kenapa sok sok an? Ini seharusnya jadi pernyataan dan bukan pertanyaan. Kenapa juga orang yang penakut rela bayar buat ditakut takutin. Alhasil ini murni karena terpengaruh sama rating. Jadi semisal IMDB bilang kalo film naga terbang Indosiar ratingnya diatas 7, saya nonton juga deh.

Yang mereka bilang, film ini nantinya bukan horror atau thriller psikopat klise. ‘Anda akan melihat plot horor klise pada awalnya. Namun, pendapat anda akan berubah ketika ke klisean tersebut tidak lagi menjadi klise yang biasa..’ kira kira begitu yang saya baca (naon sik?). Okelah I’ll take that risks.

Lihat posternya sih saya menduga akan seperti Monster House atau Rumah Dara.

Plotnya begini: Lima orang friendzoned mau piknik di… tengah hutan. Di tengah jalan mereka berhenti di pom bensin lumutan yang terlihat ga berpenghuni sekian lama. Lalu muncul tetiba bapak tua yang bilang ga usahlah dilanjutin perjalanannya kesana.

Sialan. Inisih kaya ngasih rokok sama orang puasa. (saya sampe susah memilih perumpamaannya ==’) Karena tau ini klise yang cuma buat mancing agar kita berpikir ini adalah klise, maka kaki saya sampai harus ga bisa diem demi nahan penasaran.

Sampailah mereka di rumah kayu di tengah hutan, yang kadang ga konsisten dengan penerangan lampu dan lilinnya. Dari sini terimalah kenyataan untuk horornya yang setengah setengah. Saya mulai ketawain diri sendiri dan semakin menikmati jalan cerita. Setting akan berganti ganti dari rumah kayu di tengah hutan dan kantor dengan banyak komputer canggih di entah-dimana. Semakin banyak pergantian setting itu, saya sudah mulai menyisihkan genre horor dan menggantinya dengan Read the rest of this entry »

TDK Rises. The Day After.

Ada keuntungan saat kita tidak tahu cerita di versi komik atau novelnya. Gambar bergerak yang ada di depan kita saat itu adalah pertunjukan langsung yang mendadak. Sedangkan ekspektasi terletak di pemain dan jalan cerita, dan kejutan terletak di endingnya. Sekali lagi saya adalah orang awam di dunia kebatmanan ini, hingga saya menaruh harap pada Cristopher Nolan, sang sutradara.  Bagi yang belum melihat karya Nolan sebelumnya, pasti memaki maki kenapa potongan ceritanya loncat loncat. Untungnya bukan dominan alur maju mundur, tapi masih dengan dialog yang padat. Saya heran, masih aja ada yang rela keluar studio untuk sekedar pipis atau beli minum. Yak, beli minum sodara sodara. Hampir saya melempar sendal ketika mas mas popcorn dengan tanpa dosa melewati bangku saya buat ngasih kembalian ke mbak mbak di dua kursi sebelah saya. Untungnya inget ternyata saya pake sepatu.

Lagi lagi saya ga berusaha mencari tahu siapa pasukan yang dipilih Nolan, biar serpreis gitu. Hanya saja, internet lebih dari sekedar dinding yang punya telingan dan bisa bicara. Saya cuma dengar bahwa Gordon-Levitt dan Tom Hardy cikuciku ikut main entah peran apa. Apa apaan ini, sekuel inception?

Benar saja ada ‘Arthur’ yang disisipkan disini. Pun sebagai peran pembantu yang sangat membantu. Namun, John Blake adalah karakter yang kuat hingga saya hampir lupa ini adalah film Batman. Blake sangat dominan, bukan cuma sebagai figuran polisi.

ImageMy cikuciku Blake Gordon-Levitt

Daripada saat menjadi Batman, Bruce Wayne lebih banyak mendapat peran. Ini yang membuat Batman bukan sekedar cerita superhero biasa. Batman bukan seorang mutan baik yang bertarung dengan mutan jahat. Batman adalah kostum seorang milyader yang mengoleksi kendaraan dan senjata keren. Kebetulan juga orangnya baik hati, disela sela menjadi milyader, tidak keberatan menjadi superhero Gotham City. Semua kefiksian cerita Batman tidak ada yang fiksi kecuali setting kota, Gotham. Tidak perlu ada Gedung putih yang diinjak injak Godzilla atau Puncak Empire State dan London Bridge yang diledakkan. Ditambah sekarang konflik Batman di era Nolan sangat realistis. (Mendadak teringat Poison Ivy) Read the rest of this entry »

The Awuwuu Spidey

Saya ga mencoba menulis tentang kualitas cinematografi atau kritiknya. Ini adalah tentang apa yang tetiba terpikir, tersentil dan terasa saat saya duduk menikmati film sambil nyemil. Tapi maaf kalau semisal ada spoiler beserta cerita pendukung yang melebar kemana-mana.

Spider-Man sendiri adalah tokoh Marvel favorit saya, yang saya pikir fiksi yang paling mendekati masuk akal ketimbang lainnya. Walaupun begitu saya ga segitunya nonton semua seri Spider-Man dari yang jadul sampai yang agak baru tapi kartun. Komiknya aja yang kadang nemu di koran juga ga pernah saya baca. Ringkesnya saya suka Spider-Man bentuk manusia. Begitulah. Jadi selama ini saya cuma kenal model model Tobey Maguire, dan ketika mendengar kabar burung – yang beterbangan di google pada waktu itu – bahwa Andrew Garfield akan memerankan sekuel Spiderman selanjutnya, rasanya seperti saat tahu yang akan bermain menjadi Fahri di Ayat Ayat Cinta adalah Fedi Nuril. Oh iya, double heart. Bahkan seorang Gordonn-Levitt baru saya ngeh gantengnya setelah Inception – waktu nonton 500 Days Of Summer kemana aja, gitu. Atau Tom Felton yang setelah sekuel Harry Potter ke-6 baru mulai bersinar sinar. Garfield ini nyatanya termasuk yang mencuri perhatian saya sejak di awal pertemuan kami dalam The Social Network. Saat itu dia di Harvard lagi syuting, saya di depan laptop lagi nonton hasil syutingnya. Begitulah. Sesederhana itu ngefans pada pandangan pertama.

Awalnya saya ga menyangka ternyata bukan sekuel Spider-Man ke-4 yang dirilis, tetapi malah remake nya. Walaupun begitu akhirnya menjawab pertanyaan semua umat kenapa Tobey Maguire diganti. Yakarena ini remake. Udah, gitu. Kenapa kaget, padahal pendahulunya juga sama. Batman, Captain America, Superman, Hulk, Catwoman, James Bond.. sudah pernah ganti ganti pemeran. Yang belum Mission Impossible. Itu Cruise udah tua. Tapi duren sih, twips.

Belakangan saya tahu kalau Marc Webb, sang sutradara adalah orang yang sama dibalik 500 Days of Summer. Entah cuma saya sendiri atau ada juga yang berpikir kalau Emma Stone memang mirip dengan Zooey Deschanel – those eyes are big. Selera Webb masih sama. Pun komedi romantis Tom Hansen dan Summer Finn juga sedikit terasa disini. Saya baru tahu Emma Stone setelah nonton Zombieland (film ini mending jangan langsung ditonton setelah khatam The Social Network kalau ga ingin merusak pencitraan Jesse Einsenberg) ..dan iya, saya suka sekali blonde satu ini. Apalagi kalau dipaksa dibandingkan dengan Kristent Dunst. Tapi jangan salah, keduanya tidak memerankan Mary Jane Watson. Saya juga baru tahu kalau ada lagi cinta cintaan Parker selain MJ. Sebelum ini saya ga kenal siapa itu Gwen Stacy atau Flash Thompshon yang sering ada di komik.

Biar ga ribet, mending ga usah dibanding bandingkan dengan film sebelumnya, era Tobey Maguire. Bakal banyak perbedaan sekaligus kesamaan yang mengundang semua orang untuk tetap memperbandingkan. *sigh. Yasudahlah.

Seperti kebiasaan yang sudah menjadi prinsip hidup, saya ga mau baca review apapun sebelum nonton filmnya. Gak baca tapi denger juga akhirnya – yang katanya reboot Spider-Man ini akan lebih banyak fokus ke masa lalu Peter Parker. Oh, flashback gitu.. pikir saya. Tapi ternyata enggak.

Film dimulai dengan… Read the rest of this entry »

Shawshank Redemption

Akhirnya kesampaian juga nonton Shawshank Redemption, film yang tiap kali saya buka imdb masih aja duduk manis di top 250. Se-uwow apakah ceritanya, sekeren apakah settingnya, seganteng apakan aktornya (tetep ya). Yah, selalu wajar ada pertanyaan-pertanyaan wajar semacam ini.

Lepas dari review review yg sudah sangat banyak itu, saya mau ulas dari sisi lain yang adalah.. adalah.. *layar komputer keluar bubbles 15 menit lalu mati* ..sisi ngkat singkatnya saja ya pemirsa.
Awalnya saya sudah minum cerebrofot, oralit, kombantrin, untuk menyamakan kadar otak dengan film yg terlihat berat ini. Dari judulnya aja serem. Shawshank. Pasti settingnya di laut, penuh dengan hiu. (eh..) Seperempat durasi saya lewati dengan tenang. Bersiap antisipasi tokoh mana yg sebenarnya tidak lain adalah alter ego dari tokoh utama itu sendiri. Bagi penggemar film thriller psikologis, kejadian ini akan berulang walaupun sedang nonton Upin dan Ipin. Siapa yg sependapat dengan saya, bahwa Upin hanya alter ego bikinan Ipin. Sejak lahir dia sendiri, bahkan kak Ros, neneknya, gurunya, teman temannya.. *dibungkam komnas perlindungan anak*

Sampai bar menunjuk 3 per 4 durasi, saya masih menunggu adegan pukul, atau keluarnya  komputer canggih. (Blame that agents movies). Sebenarnya film ini bisa saja menjadi membosankan, tapi entah apa yg membuat saya tetap betah menikmatinya. Satu alur, satu setting dan ending yg ditebak tebak. Tanpa sadar, saya seperti 2 jam di dalam azkaban, tanpa dementor, tapi dengan sipir yg lebih suka main pukul ketimbang main catur.

Akhirnya saya bisa katakan kalau ini bukan film berat. Read the rest of this entry »

This Means War – Pengennya Sih Review

 

“Ada film baru?”
“This Means War”
“Apose?”
“Kayaknya secret agent gitu”
“Asik.. siapa yang main?”
“Em… *googling* Tom Hardy”
“OKESIP!”

Tom Hardy baru saya tahu lewat akting seksinya di Inception yang ehm sorry darling Gordon-Levitt, di beberapa scene kamu kalah cakep dan hey siapa kamu, oh Leonardo Dicaprio, Really?. Who are you?

Begitulah. Latar belakang yang sangat matang untuk memutuskan menonton satu judul film. Saya sudah nunggu waktu yang tepat buat capcus ke bioskop sendirian. *diketawain pacar orang* SYAT AP! Singkat cerita sampai film itu ditarik dari peredaran dan diedarkan ke tempat lain, waktu yang tepat hanyalah serupa jodoh yang tepat yang ternyata tidak datang dengan cepat. *minum dulu*

Walaupun demikian, yang namanya jodoh memang ga akan kemana. Manusia hanya harus sabar dan bertawakal, maka File Fairy yang baik hati akan menuntun kita kepada link download-an yang benar dan DVDRip pula. Thank God.

Nonton sendirian di layar 43 inch akan sangat nyaman walau tanpa cemilan, karena udah malem dan yah, ga ada cemilan. Saya cuma khawatir akan ada adegan tidak senonoh yang timingnya pas banget sama uti keluar kamar buat buang air kecil. Untungnya adegan jorok seperti-kecebur-dikubangan-bersama-kerbau-dan-kawanan-babi-atau-kesembur-waktu-bersihin-toilet-yang-itunya-muncrat-kemana-mana sama sekali tidak ada di film ini, tapi ciuman dan foreplay nya banyak. *menghela napas panjang. Sepanjang jalan kenangan* Untungnya TV bisa seenaknya saya fast-forward, semisal nonton di bioskop pasti akan terjadi krik krik yang panjang dan berulang. Read the rest of this entry »

Sudah Beres atau Belum yang Penting Bisa Nonton deh

Di suatu hari yang tenang kala itu, tiba-tiba muncul tweet yang mengabarkan bahwa film keluaran Hollywood tidak akan lagi tayang di Indonesia. Heh? bercanda pasti.., pikir saya waktu itu. Selama ini saya memang menikmati seni pertunjukan terutama dalam bentuk film. Menurut saya, media seperti ini lebih mudah diserap untuk kalangan apapun. Tidak terkecuali bagi orang yang tidak gemar membaca. Film membantu memvisualisasikan informasi tulisan kedalam tayangan audio visul yang menarik, sehingga kegiatan seperti ini bisa disebut dengan membaca pasif.

Industri film yang berkembang sampai saat ini menurut saya sangat imajinatif. Secara tidak langsung, orang bisa tiba-tiba mendapatkan ide dari sesuatu. Bila sesuatu tersebut sudah terkemas sedemikian imajinatifnya, maka ide yang timbul bisa jadi melebihi kreativitas yang telah ada.

Bukan bermaksud membandingkan karya sineas dalam dan luar negeri, tetapi saya sendiri masih cenderung pergi ke bioskop untuk menikmati film-film impor ketimbang film lokal sendiri. Ini memang masalah selera. Kalau mau bicara tentang kecintaan terhadap produk dalam negeri, harusnya mencakup juga tindakan seperti pembajakan musik dan lagu musisi lokal yang dengan seenaknya diupload secara bebas di dunia maya. Read the rest of this entry